Latest News

Sunday, January 24, 2016

1 Perbedaan Pandangan KRISTEN dan CHRISTIAN SCIENCE tentang: Allah,Yesus Kristus,Materi,Dosa, dan Penebusan


1  Perbedaan Pandangan KRISTEN dan

 CHRISTIAN SCIENCE tentang: 

Allah,Yesus Kristus,Materi,Dosa, dan

 Penebusan


ALLAH
Kristen
Percaya bahwa Allah adalah Pribadi. Ia menciptakan dunia, dan menciptakan manusia sebagai citraNya (Kej 1:1,26). Allah, sebagai Pribadi, melihat, mendengar, berbicara, mengingat, mengetahui (Kej. 6:5; Kel. 2:24; Bil.11:1; Mzm. 79:8; II Tim. 2:19)
Christian Science
Percaya bahwa Allah adalah suatu Prinsip yang tidak berpribadi. Mrs. Eddy menulis: ?Allah adalah semua ? yaitu jiwa, atau akal budi dari manusia rohani adalah Allah, Prinsip Ilahi dari semua keberadaan.?

YESUS KRISTUS
Kristen
Percaya bahwa Kristus adalah satu dengan Allah. Yesus berkata: ?Aku dan BapaKu adalah satu.? (Yoh. 10:30). Orang Kristen menemukan dalam Alkitab banyak bukti Keallahan Kristus: Yoh. 1:1; Fil. 2:5-8 & I Yoh. 2:22,23)
Christian Science
Percaya bahwa Yesus bukan Allah. ?Ilmu dan Kesehatan?menyatakan: ?Yesus Kristus bukan Allah ?? (h.361). Penganut Christian Science menganggap Kristus seorang terkemuka, guru agung, tetapi menyangkal KeilahianNya.

MATERI
Kristen
Percaya bahwa apa yang manusia lihat, raba, rasa, cium dan dengar adalah nyata. Yesus memperlihatkan kenyataan dari materi. Ia menjadi daging (Yoh. 1:14). Ia lapar (Mat. 4:2). Ia memberi orang makanan (Mat. 14:16)
Christian Science
Percaya bahwa hanya Prinsip (Allah) yang ada dan yang lain adalah suatu ?khayalan?. Tidak ada materi; hal yang bersifat materi (badan dsb.) bukanlah kenyataan.

DOSA
Kristen
Percaya bahwa dosa adalah nyata. Dosa berasal dari hati dan pikiran manusia, dan memisahkan manusia dari Allah. Akibat akhir dosa adalah maut (Yes. 59:2; Mrk. 7:21-23; Rm. 5:12; 6:23)
Christian Science
Percaya bahwa dosa, kejahatan dan kematian tidak ada. ?Ilmu dan Kesehatan? menyatakan: Karena Allah adalah Semua, tidak ada ruang untuk yang berlawanan ? karena itu kejahatan sebagai lawan kebaikan, bukanlah kenyataan ? (h.234)

PENEBUSAN DAN KEBANGKITAN
Kristen
Percaya bahwa darah penebusan Kristus menanggung dosa manusia (I Pet. 1:24) dan Kristus mati dan bangkit dengan tubuh kebangkitan (Yoh. 20:16; 17:20,27)
Christian Science
Percaya bahwa pencurahan darah Kristus di atas kayu salib bukan menghapuskan dosa manusia, dan bahwa murid-murid dibodohi karena mengira Ia mati padahal hidup di dalam kubur (h. 330 & 349, Ilmu dan Kesehatan).

Sumber:
HIDUP dan KESAKSIAN
PERSEKUTUAN PEMBACA ALKITAB
Jl. Cempaka Putih Tengah II/1 Blok D-8

Jakarta - 10510

No comments:

Post a Comment

Tags